Home » » Peristiwa di tahun 1 hijriyah

Peristiwa di tahun 1 hijriyah

27 Shafar tahun 14 Nubuwah, malam Kamis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam keluar dari rumahnya menuju rumah Abu Bakr radhiyallahuanhu kemudian keluar lewat pintu belakang rumah untuk keluar dari Makkah dg tergesa-gesa sebelum fajar menyingsing. Beliau mengambil arah ke selatan (Yaman) padahal arah utara dalah jalur utama menuju Madinah. Setelah 5 mil perjalanan, sampailah di Gunung Tsaur. ini adalah perjalanan yang sulit dan berat, menanjak, banyak bebatuan besar nan tajam. Beliau berjalan tanpa als kaki, ada yang mengisahkan dg berjinjit supaya tidak meninggalkan jejak telapak kaki. Abu Bakar sempat memapah beliau dan mengikat badan beliau dengan badanya hingga sampai di gua pada puncak guung itu yang dikenal dengan Gua Tsaur. Selama 3 malam mereka bersembunyi di gua itu (malam Juam'at, Sabtu dan Ahad. Abdullah bin Abu Bakar mendatanginya dengan sembinyi sembunyi setiap malam dan meninggalkannya diakhir malam, pagi harinya menyusup ke tengah-tengah orang Quraisy utk mengupingny dan menyampaikannya di malam hari. sementara itu Amir bin Fuhairah, pembantu Abu Bakr, menggembalakan dombanya didekat gua itu pada petang hari sehingga Nabi dan Abu Bakr bisa mengambil air susunya.
Malam Senin 16 September 622 M, Abdullah bin Uraiqit h datang ke gua hira, Asma binti Abu Bakr membawakan rangsum untik bekal perjalanan Beliau bersama Abu Bakr.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample Text

Featured Post

MARi berSATU

Sebagai pengawal posting pasca ganti nama, saya ingin menyampaikan tentang persatuan itu yang bagaimana. Alhamdulillah saya temukan artik...